SEO On Page

Panduan Lengkap Belajar SEO untuk Pemula

Saat pertama kali menginjakkan kaki dunia di dunia digital, khususnya website, banyak di antara kita yang mungkin bertanya-tanya, kenapa website yang kita miliki tidak bisa ditemukan ketika mencari kata kunci tertentu yang sebenarnya sudah kita jadikan target di dalam website.

Bukankah tujuan kita membuat website adalah untuk mendapatkan perhatian dari seluruh pengujung google atau search engine lainnya agar bisa meningkatkan traffic, meningkatkan penjualan, atau mendapatkan pelanggan? Tapi mengapa hal ini bisa terjadi?

Nah, untuk menjawab masalah tersebut, sebenarnya ada banyak aspek yang harus diketahui atau bahkan didalami selain dari sekedar memiliki website, yaitu bagaimana cara mengoptimasi website agar mudah ditemukan di mesin pencari. Cara optimasi tersebut dikenal dengan SEO atau Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari.

Jika Anda seorang pemula dalam optimasi website dan bingung gimana cara melakukannya atau anda ingin belajar seo untuk pemula? Kami harap anda dapat menemukan jawabannya di sini.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara lengkap tentang SEO, mulai dari pengertian dan teknik hingga target yang ingin dicapai. Mari kita bahas secara detail.

Konsep Dasar SEO

Mayoritas orang yang belajar tentang SEO mengira, SEO adalah cara agar website mendapatkan ranking dan menempatasi posisi teratas di hasil pencarian Google. Yaa meskipun benar, tetapi konsep itu cuma kulitnya saja.

Jika Anda masuk lebih dalam, ternyata search engine optimization itu tidak hanya bicara tentang ranking saja. Nyatanya, SEO mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic yang masuk ke website dan blog Anda. Itu artinya, visitor tidak hanya asal mampir ke website Anda. Tapi, juga ikut melancarkan Anda dalam meraih tujuan website. Baik itu meningkatkan branding hingga mendongkrak angka transaksi.

Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization” atau jika di terjemahkan ke bahasa indonesia berarti “optimisasi mesin pencari.” Teknik ini digunakan untuk mengoptimalkan situs web agar mendapatkan peringkat teratas dalam hasil pencarian Google. Dengan menggunakan optimisasi mesin pencari, situs web akan lebih mudah ditemukan oleh orang-orang dan memiliki potensi untuk meningkatkan jumlah kunjungan.

Pertanyaan pertama yang mungkin anda tanyakaan adalah, mengapa SEO Google harus diutamakan dibandingkan dengan mesin pencari lainnya seperti Yahoo!, Bing, Amazon, dan sebagainya? Jawabannya sederhana: Google adalah mesin pencari favorit bagi sebagian besar pengguna internet.

Bukti nyatanya, saat artikel ini ditulis, Google sudah memproses rata-rata lebih dari 40.000 permintaan pencarian setiap detik, yang artinya, lebih dari 3,5 miliar pencarian per hari dan 1,2 triliun pencarian per tahun di seluruh dunia. Jadi, jangan kaget ataupun terheran-heran ketika Google menguasi pasar search engine.

Jumlah Pencarian Menggunakan Google di Seluruh Dunia Hari Ini
Jumlah Pencarian Menggunakan Google di Seluruh Dunia Hari Ini

Karena itu, SEO Google memiliki peran penting dalam keberhasilan suatu situs web. Dengan menggunakan optimisasi mesin pencari yang baik, situs web dapat menarik lebih banyak kunjungan. Bahkan, fakta menunjukkan bahwa 53% kunjungan situs web berasal dari pencarian organik. Pencarian organik adalah kegiatan mencari informasi dengan memasukkan kata kunci tertentu ke dalam Google.

Pertanyaan kedua yang mungkin anda tanyakan adalah, apakah hanya SEO yang bisa mendatangkan traffic ke website kita? atau apakah SEO adalah satu-satunya cara untuk membantu website kita muncul di pencarian teratas Google?

Jawabannya tentu tidak. Ada satu metode lain yang dinamakan dengan Search Engine Marketing (SEM) Meskipun terdengar mirip, optimisasi mesin pencari berbeda dengan pemasaran melalui mesin pencari (Search Engine Marketing/SEM). Perbedaan utama antara SEM dan SEO terletak pada fokusnya.

Namun, agar pembahasan pada artikel ini lebih spesifik, kami hanya akan membahas tentang Belajar SEO untuk Pemula. Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih lenjut perbedaan keduanya, anda dapat mengunjungi artikel “Perbedaan SEM dan SEO

Mengapa SEO Penting?

Kami yakin, pertanyaan anda tidak berhenti di pertanyaan kedua di atas. Pertanyaan anda selanjutnya mungkin adalah kenapa sih harus menerapkan SEO website? Sementara kita bisa memporomosikan situs atau website lewat channel marketing lainnya. Misalnya memasang link website di bio Instagram, memakai fitur swipe up, dan sebagainya.

Nah, perlu Anda ketahui, sebagian besar traffic—terutama website bisnis—itu datangnya dari mesin pencarian. Melansir dari Growth Badger yang sudah melakukan riset terhadap 3.25 milliar website, kesimpulannya adalah mau apapun bidang industrinya: teknologi, fashion, kesehatan, dan sebagainya.

Sumber Traffic Berdasarkan Niche di Google
Sumber Traffic Berdasarkan Niche di Google

7 Manfaat SEO Bagi Website

1. Memudahkan Audiens Menemukan Website

Dalam dunia digital yang penuh persaingan, strategi SEO menjadi senjata ampuh untuk memastikan bahwa target audiens Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengunjungi situs web Anda. Melalui optimasi mesin pencari yang tepat, situs web Anda memiliki peluang lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.

Posisi yang lebih tinggi ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah traffic yang mengunjungi situs Anda. Seiring dengan data yang disajikan oleh blog.hubspot.com menunjukkan, bahwa sekitar 75% pengguna internet enggan untuk menggulir halaman hingga ke halaman kedua dan seterusnya, menjadikan peringkat tertinggi di Google semakin penting.

2. Menjaring Target Audiens yang Tepat

Mengoptimalkan website dengan teknik SEO bukan hanya tentang membantu orang menemukan situs Anda, tetapi juga tentang menarik perhatian target audiens yang tepat. Ya, SEO Google memiliki kekuatan yang luar biasa!

Baca Juga:   Strategi Penelitian Kata Kunci SEO

Jadi begini, saat Anda mengoptimalkan website Anda dengan SEO, Anda dapat menargetkan kata kunci yang sesuai dengan tujuan pencarian dan minat audiens. Bayangkan saja, Anda adalah seorang software engineer yang sudah melakukan riset. Anda tahu betul bahwa audiens Anda sangat membutuhkan tools untuk melakukan riset keyword.

Tentu saja, Anda tak mau menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Anda pun dengan cerdik membuat konten blog yang membahas tentang tools cara riset keyword milik anda dan sekaligus menginformasikan cara penggunaan dan keuntungan ketika menggunakan tools milik anda. Dengan menerapkan teknik SEO yang tepat, konten tersebut memiliki potensi besar untuk ditemukan oleh target audiens Anda melalui mesin pencari terkemuka, Google.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Kita pasti sudah mengetahui cara paling simpel yang biasa dilakukan oleh seseorang ketika ingin menemukan produk yang mereka inginkan yaitu: mencari info di Google. Itu artinya, Google menjadi tempat strategis untuk memperkenalkan suatu produk atau membangun brand awareness.

Itu lah alasannya mengapa SEO bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness yang tentunya memberikan keuntungan yang melimpah. Cara kerjanya adalah, misalnya Anda memiliki 50 kata kunci alias keyword untuk beberapa halaman di website, dan secara kebetulan juga memiliki volume pencarian yang tinggi sehingga berada di halaman pertama di urutan paling atas.

Hal tersebut secara tidak sadar akan mempromosikan brand dari perusahaan Anda, sehingga akan banyak orang baru yang mengetahui dan mengenal brand perusahaan Anda. Semakin banyak orang yang mengetahui dan mengenal, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan.

4. Promosi 24 Jam

Anda bisa memanfaatkan SEO untuk promosi 24 jam namun dengan biaya yang cukup terjangkau. Beda halnya jika Anda memanfaatkan jasa iklan Google Ads atau FB Ads yang mengharuskan Anda mengeluarkan biaya yang cukup tinggi.

SEO dapat mengiklankan brand Anda selama 24 jam nonstop tanpa ada hentinya selama situs website Anda tidak hilang.

5. Dapat Bersaing dengan Perusahaan Besar

Jika memiliki bisnis yang masih berkembang tentunya Anda takut membayangkan persaingan dengan perusahaan besar, karena kesempatan untuk bersaing rasanya tidak ada. Namun, hal tersebut bukan hal mustahil jika Anda menggunakan SEO.

Hasilnya akan semakin luar biasa, apalagi jika saingan Anda tidak menerapkan SEO meskipun merupakan perusahaan besar.

6. Meningkatkan Penjualan

Hampir semua orang yang ada di dunia, sebelum membeli sesuatu pasti melakukan riset terlebih dahulu dengan cara mencarinya di Google. Hal ini sangat wajar, karena orang-orang tersebut pastinya tidak ingin tertipu dan merasa kecewa nantinya. Apabila apabila halaman website Anda berada di halaman pertama bahkan di urutan pertama, maka akan semakin banyak orang yang mengetahuinya dan bisa membuka peluang untuk meningkatkan penjualan.

Hal ini tidak bisa terjadi apabila Anda tidak menerapkan sistem SEO ini, maka wajib hukumnya Anda menerapkan SEO apabila ingin penjualan meningkat dengan pesat.

7. Investasi Jangka Panjang

Manfaat SEO yang terakhir adalah bisa dijadikan investasi jangka panjang dan tentunya memberikan hasil yang lumayan besar. Kenapa bisa begitu? Cara kerja SEO tidak sama dengan beriklan berbayar yang apabila budget Anda habis, maka website Anda tidak akan muncul lagi.

Jika menggunakan SEO, selagi Anda mengelolanya dengan baik dan mengikuti perkembangannya, maka iklan ini akan terus berlanjut. Pasalnya, jika website sudah berada di posisi teratas, akan mustahil bisa digeser oleh pihak lain kecuali jika ada perubahan.

Bukankah hal ini pantas mendapatkan predikat investasi jangka panjang? Karena memang dampaknya bisa dirasakan dalam jangka panjang.

Cara Optimasi SEO untuk Website

Setelah Anda mengetahui apa itu SEO dan manfaatnya bagi website, selanjutnya kita melangkah ke bagaimana cara mengoptimasi SEO untuk website.

Pada tahap ini, ada beberapa hal yang harus anda ketahui, yaitu cara kerja SEO dan SERP serta jenis SEO. Perbedaan tahapan pada cara kerja SEO, serta jenis SEO, akan berpengaruh pada keberhasilan optimasi SEO anda.

Cara Kerja SEO

Teknik SEO adalah praktik untuk meningkatkan lalu lintas dan peringkat website di mesin pencari. Dengan menerapkan teknik SEO yang tepat, peringkat situs web Anda akan meningkat. Namun, teknik SEO tidak dapat diterapkan begitu saja. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Berikut adalah beberapa teknik SEO yang berjalan dalam website Anda:

  1. Crawling. Yaitu proses mengumpulkan lalu menyimpan laman situs yang baru dirilis atau diperbaharui. Mesin pencari akan bekerja dari halaman ke halaman lainnya dan memeriksa setiap link yang ada.
  2. Indexing. Cara kerja SEO berikutnya adalah indexing, yaitu ketika mesin pencari mempelajari struktur sebuah situs serta kualitasnya untuk melihat relevansi dengan kebutuhan audiens. Lalu melihat kredibilitas setiap halaman web yang sudah tersimpan.
  3. Processing. Di mana mesin pencari akan menerima permintaan dari pengunjung internet yang memasukkan kata kunci. Kemudian mesin pencari akan melakukan proses dengan mengolah kata kunci tersebut.
  4. Calculating Relevancy. Cara kerja SEO berikutnya adalah memproses menghitung relevansi kata kunci pada setiap halaman tersimpan, kemudian menghitung berapa banyak kata kunci tersebut digunakan pada satu halaman situs.
  5. Retrieving Result. Langkah terakhir adalah mengambil result paling relevan dari kata kunci dan menampilkannya dalam satu halaman. Di halaman ini akan ter-index halaman-halaman sesuai dengan kata kunci yang paling relevan.

Setiap mesin pencari menggunakan algoritma tersendiri untuk memproses pencarian dan halaman situs yang relevan. Setiap mesin pencari akan melakukan pembaharuan terhadap algoritma pencariannya sehingga index bisa berubah.

Oleh sebab itu, para blogger maupun pemilik bisnis harus selalu memantau melakukan update sehingga bisa tetap berada di peringkat atas pencarian. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, anda dapat berlangganan secara gratis di infoseo.web.id melalui laman ini, karena kami akan membagikan informasi dan artikel terbaru tentang optimasi SEO.

Berkaitan dengan topik ini, kami sudah menyediakan 2 artikel yang dapat bermanfaat bagi anda:

Baca Juga:   Cara Riset Keyword untuk Blog Baru

Cara Kerja SERP (Search Engine Result Page)

Sekarang, Anda akan melihat bagaimana mesin pencarian Google membawa halaman website tertentu ke depan audiens. Kira-kira, begini cara kerja SERP untuk menyajikan rekomendasi konten ke audiens:

  1. Audiens memasukkan keyword tertentu ke dalam kotak kueri pencarian Google.
  2. Google menganalisis keyword tersebut (mulai dari ejaan, serta sinonim kata) supaya bisa memberikan hasil pencarian terbaik.
  3. Dari seluruh halaman website yang ada di database, Google mencari konten yang memuat keyword yang audiens masukkan.
  4. Dengan algoritma Google, Google melakukan analisa konten dan website untuk memastikan informasinya relevan serta terpercaya bagi audiens.
  5. Google mempertimbangkan karakteristik audiens. Mulai dari lokasi, histori penelusuran, serta setelah penelusuran (SafeSearch Filters: filter untuk memberikan konten yang aman bagi audiens).
  6. Google SERP menampilkan daftar konten terbaik bagi audiens.

Perlu Anda tahu, SERP cukup berpegang pada algoritma Google terbaru. Algoritma Google yakni pedoman Google dalam menilai hingga menampilkan halaman website sesuai kata kunci yang pengguna masukkan.

Jenis-jenis SEO

Secara umum, ada 4 cara mengoptimasi mesin pencari, yaitu:

On Page SEO

SEO On Page atau banyak juga yang menyebutnya dengan On Page SEO adalah upaya untuk mengoptimasi website pada sruktur website atau pada area yang dilihat pengunjung serta . Aspek-aspek yang dimaksimalkan yaitu:

  • Permalink;
  • Judul konten;
  • Struktur konten;
  • Gambar konten;
  • Sebaran keyword;
  • Kualitas konten;
  • Internal link;
  • Elemen (meta description, tag, dll);

Dengan SEO on page, konten Anda akan lebih mudah mejeng di Google. Selain itu, semakin relevan isi konten dengan keyword yang Anda bidik, kebutuhan audiens pun makin terjawab dan Google akan meroketkan ranking website Anda.

Sebagai catatan, jenis SEO ini yang paling mudah diterapkan dan wajib Anda kuasai. Jadi jika Anda baru memulai belajar search engine optimization, silakan terlebih dulu asah pemahaman tentang SEO on page di artikel “Cara Optimasi SEO On Page“.

Off Page SEO

SEO off page adalah upaya untuk mengoptimasi website dari area luar. Berikut aspek-aspeknya yang bisa Anda tingkatkan:

  • Link building, yaitu aktivitas untuk mendapatkan link dari website lain alias backlink.
  • Peningkatan DA (Domain Authority). skor untuk memprediksi peluang ranking website di Google.
  • Peningkatan PA (Page Authority), skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website berada di ranking teratas Google.
  • Promosi konten lewat sosial media dan channel marketing lainnya
  • Guest blog, adalah kegiatan untuk memasang artikel berkualitas Anda di website lain yang di dalamnya terdapat backlink ke situs Anda.

Dengan SEO off page yang kuat, Google akan tambah yakin kalau situs Anda bermanfaat bagi orang lain. Alhasil, kredibilitas situs dan potensi naik ranking-nya pun meningkat.

Technical SEO

Technical SEO adalah usaha mengoptimasi search engine optimization di bagian dalam website (teknis). Secara garis besar, ini aspek yang masuk wilayah teknis:

  • Kecepatan website;
  • Struktur website;
  • XML Sitemap;
  • Keamanan situs (SSL);
  • Tema SEO friendly;
  • Layout website;
  • Navigasi.

Menerapkan technical SEO, website Anda akan memiliki struktur yang bagus dan mudah dibaca oleh search engine. Alhasil, peluang Google mau mengindeks situs Anda pun lebih besar.

Local

Local SEO atau SEO Lokal adalah optimasi search engine semacam Google untuk pencarian lokal. Lalu, apa bedanya dengan SEO biasa?

Tujuannya sama dengan SEO atau search engine optimization pada umumnya, yaitu mencapai peringkat pertama pada mesin pencari. Namun, tujuan local SEO lebih spesifik untuk mendapatkan audiens secara lokal.

Strategi ini tentu cocok jika kamu punya bisnis lokal, seperti restoran, toko, dan jenis bisnis lokal lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan SEO

Seseorang yang telah melakukan proses SEO maka tentunya dapat merasakan banyak sekali manfaat yang baik. Namun dibalik semua manfaat yang ditawarkan ada juga kelemahan dalam SEO yang mungkin belum anda ketahui, dan berikut ini kami jelaskan kelebihan dan kekurangan utama dari SEO.

Karena jika kita memilih strategi ini, kita harus selalu memperhitungkan resiko disamping berbagai keuntungannya. Tak heran anda akan menggunakan SEO. Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan Search Engine Optimization (SEO).

Keuntungan SEO

1. Menjadi Trafik Original

Artinya pengunjung website adalah orang yang sangat membutuhkan produk atau informasi yang kita sajikan di website. Mereka tidak datang karena kalah dengan iklan saja. Bagi pengunjung, website kami adalah jawaban dari permasalahan mereka.

2. Biaya yang Gratis

Ini adalah salah satu manfaat SEO. Menggunakan strategi SEO tidak harus mengeluarkan biaya seperti iklan Google atau iklan media sosial. Namun, hasil dari strategi ini tidak segera tersedia. Butuh waktu dan kesabaran. Selain itu, metode ini adalah cara organik yang gratis.

3. Memiliki Pengunjung Sesuai Target

Dengan bantuan keyword atau kata kunci dalam membuat konten yang SEO akan membidik pengunjung yang datang. Kemungkinan besar, pengunjung tersebut dapat dikonversi menjadi pelanggan atau calon pelanggan.

4. Menjadi Visibilitas Web

Cara yang palih ampuh menggunakan SEO untuk bermanfaat pada visibilitas web. Karena itu, strategi ini cocok untuk website yang ditujukan untuk bisnis. Pemilik website mendapatkan laba dari pemasangan SEO yang telah dibuat.

Kekurangan SEO

1. Waktu yang Tidak Dapat Diperkirakan

Ada banyak langkah dan tahapan untuk menghadirkan SEO yang baik dan kuat. Oleh karena itu, banyak pemilik bisnis menggunakan layanan SEO agar situs web mereka terindeks dengan baik oleh mesin pencari.

2. Kompetitif

Persaingan di dunia SEO sangat tinggi. Banyak situs web berbagi keinginan yang sama untuk mendapatkan peringkat yang baik dari mesin pencari. Ada SEO yang menargetkan target lokal, nasional, bahkan internasional.

3. Tidak Instan

Mendapatkan hasil berupa situs web yang diindeks dengan benar oleh Google membutuhkan waktu. Mungkin perlu beberapa hari hingga beberapa minggu sebelum hasilnya terlihat. Anda tidak seperti memasang iklan yang akan trafik cepat.

4. Proses yang Memakan Cukup Banyak Waktu

Satu hal yang menjadi kelemahan atau kelemahan SEO ini yang tidak disukai kebanyakan orang adalah prosesnya yang lama. Karena proses bisnis online atau implementasi bisnis online tentu membutuhkan langkah dan efek yang nyata.

Kesimpulan

Sekarang, Anda sudah lebih paham bahwa SEO adalah cara mengoptimasi website supaya nangkring di halaman teratas Google.

Dengan menerapkan search engine optimization sebagai cara bersaing di dunia digital, Anda akan kebanjiran traffic dan mendapat manfaat berlimpah. Mulai dari memperluas awareness, mendorong transaksi, hingga memanjangkan usia bisnis.

Tapi meski artikel ini sudah selesai, jangan berpikir belajar SEO berakhir begitu saja. Cara terbaik untuk memahami SEO adalah dengan praktik. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang SEO bagi Anda yang pemula dalam pengelolaan website. Teruslah belajar dan terapkan teknik SEO yang tepat untuk mencapai kesuksesan online yang lebih baik!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button