Informasi

Cara Memanfaatkan Sosial Media untuk SEO dengan Cepat

Saat ini, mungkin kamu telah menyadari betapa pentingnya sosial media bagi bisnis dan bagaimana sosial media dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, membantu menghasilkan konten berkualitas tinggi, dan bahkan mendorong penjualan online.

Tapi ada alasan besar lain mengapa kamu harus fokus pada sosial media, yakni SEO. Profil sosial media yang dioptimalkan dengan baik akan muncul lebih tinggi di hasil pencarian Google, meningkatkan reputasi merek dan sebagai bonus dapat mempertahankan profil sesuai dengan praktik terbaik SEO dalam membantu calon pelanggan menemukanmu melalui sosial media.

Apa Itu SEO Sosial media?

Coba Googling merek, toko, atau restoran lokal favoritmu. Kemungkinan salah satu hasil teratas adalah halaman Facebook, Twitter, atau Instagram mereka. Mau tahu alasannya kenapa bisa begitu? Itu karena Google mengindeks beranda sosial ini, merayapinya selamanya dalam upaya membuat bisnismu lebih mudah ditemukan.

Ini adalah hasil dari beberapa praktik dasar SEO. Saat seseorang menelusuri bisnis mu, kamu ingin agar hasil teratas adalah halaman yang kamu kontrol—seperti situs web kamu kan?

Bagian sosial dari sosial media berasal dari melihat sosial media penting untuk SEO, seperti membuat profil tampil tinggi di peringkat mesin pencari. Seperti dengan SEO untuk situs web utama : kamu akan melakukannya melalui konten kaya kata kunci di halaman sosial media-mu.

Artinya, calon pelanggan yang menelusuri bisnis tidak hanya melihat satu tautan, tetapi banyak. Mereka dapat memilih di situs mana mereka ingin berinteraksi denganmu, dan mereka tidak melihat tautan yang tidak relevan atau pesaing di dekat bagian atas hasil penelusuran mereka

Sosial media Juga Merupakan Mesin Pencari

Ketika pelanggan ingin mencari sesuatu, mereka sering mencari langsung di sosial media. Baik mereka mencari berita di Twitter, lokasi di Facebook, atau inspirasi di Pinterest, intinya adalah sosial media menjadi sumber informasi utama, oleh karena itu penting bagi merek untuk memiliki kehadiran sosial media yang kuat.

Bayangkan jika kamu sedang mencari sepasang sepatu kets baru. Kemudian kamu ketik di pencarian google “sepatu baru”, dan dibombardir dengan iklan dan halaman perusahaan.

Tapi tidak satu pun dari tautan yang persis seperti yang kamu cari, jadi kamu mengeklik tab gambar. Tiba-tiba, dihadapkan pada jenis produk yang ada dalam pikiran. Tidak sulit untuk melihat mengapa semakin baik konten meida sosial, semakin tinggi gambar ditempatkan dan semakin besar kemungkinannya untuk dilihat.

Karena pelanggan mengubah cara mereka menelusuri produk, yang harus ada di mana saja. Dengan mempertahankan kehadiran sosial media yang kuat dan memastikan bahwa profil tetap up to date, kamu akan berada di posisi yang tepat untuk menarik perhatian mereka.

Cara Meningkatkan SEO Sosial media

Jadi, apa arti SEO sosial media bagi kamu? Lebih dari segalanya, itu berarti bahwa jika kamu ingin orang menemukan bisnis secara online, profil sosial perlu dioptimalkan—seperti Google.Kamu dapat memecah membangun strategi sosial media menjadi tiga langkah mudah :

  1. Untuk pemaparan maksimum, penting bagimu untuk membuat profil sebanyak mungkin. Facebook dan Twitter adalah pilihan yang jelas, tetapi apakah Anda sudah mengoptimalkan halaman instagram-mu?
  2. Semakin banyak profil yang kamu miliki, maka semakin besar peluang utnuk ditemukan. Masing-masing profil ini harus ditautkan kembali ke situs web utama, yang meningkatkan otoritas SEO secara keseluruhan.
  3. Namun berhati-hatilah—setiap profil yang kamu buat perlu diperbarui secara konsisten untuk menguntungkan bisnis. Jangan menyiapkan lebih banyak profil daripada yang dapat kamu tangani secara realistis.
Baca Juga:   Cara Riset Keyword untuk Blog Baru

Profil yang diabaikan akan menjadi semakin tidak relevan, dan pada akhirnya tidak melakukan apa pun untukmu (dan mungkin bahkan memberikan kesan yang salah kepada pelanggan). Pertimbangkan Situs-Situs Berikut Untuk SEO Sosial media-mu :

Mengoptimasi Facebook dan Instagram

Kamu memerlukan halaman Facebook jika menginginkan akun bisnis di Instagram, karena kedua platform ini dimiliki oleh perusahaan yang sama, yakni Meta.

Mereka juga memiliki demografi dominan yang serupa, dengan rentang usia 25-34 tahun merupakan kelompok pengguna terbesar di kedua situs, menurut penelitian dari Sprout Social.

Facebook adalah tujuan umum untuk mencari informasi bisnis dan berkomunikasi dengan bisnis, sementara Instagram lebih banyak berada di sisi gaya hidup pengguna untuk mencari konten visual yang menginspirasi.

Mengoptimasi Twitter

Twitter cenderung sedikit lebih muda dari Instagram dan Twitter, dengan kelompok pengguna terbesar berada di kisaran 18-29.

Percakapan di Twitter sangat cepat, dengan tag trending yang muncul dan menghilang dalam beberapa jam. Jika kamu cepat dan tanggap maka akan lebih mudah untuk dapat berpartisipasi dan mendapatkan eksposur untuk bisnis.

Beberapa pengguna mungkin memilih untuk berkomunikasi dengan bisnis melalui tweet daripada melalui Facebook, jadi jika kamu punya waktu, ada baiknya untuk tetap menggunakan profil Twitter dan Facebook.

Cara Meningkatkan Ranking SEO dengan Sosial Media

Seberapa bagus hasil optimasi sosial media untuk SEO sangat tergantung dari bagaimana kamu menerapkannya, Berikut adalah cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan ranking SEO dengan sosial media:

Bangun Fan base atau Basis Follower

Sebuah akun sosial media tidak akan artinya tanpa basis follower atau fanbase. Memiliki basis fans dengan jumlah banyak dan berkualitas tinggi akan mempengaruhi pencarian website kamu di mesin pencari.

Follower berkualitas tinggi disini adalah real follower atau follower yang benar- benar nyata di akun sosmed-mu, bukan dari bot dan yang lainnya, sehingga di dalam sosial media tersebut benar- benar ada interaksi secara real antara kamu (pemilik akun) dan follower-nya.

Dengan fanbase yang bagus dan berkualitas, maka akun sosmed akan memiliki engagement atau keterlibatan yang cukup bagus antar penggemar. Engangement ini bisa berarti likes, comment dan share jika di Facebook, retweet atau favorit di Twitter dan pemberian + di Google Plus.

Ketika engagement di akun sosmed bagus, berarti sosial media-mu memiliki social signal yang baik, maka mesin pencari dapat melihat dan menganalisa aktifitas tersebut.

Social signal ini adalah salah satu faktor yang sangat penting di era SEO modern ini. Semakin baik social signal, maka popularitas website akan semakin baik di mesin pencari.

Buat lah Konten yang Menarik dan Mudah Dibagikan (Repost)

Ketika membuat untuk akun sosial media, pikirkan lah konten yang disukai oleh fans-mu, bukan kamu. Sebagai inspirasi, kamu bisa sering- sering melihat newsfeed Anda dan melihat tipe- tipe postingan yang sering mereka bagikan.

Sambil menyajikan konten yang mereka sukai, sesekali keluarkan lah konten andalan yang membawa mereka ke website-mu. Membagikan konten website boleh semakin sering ketika fanbase sudah benar- benar terbentuk.

Biar bagaimana pun tujuan orang menggunakan akun sosial media adalah untuk bersosialisasi. Jadi jangan buru- buru mengajak mereka untuk datang ke website kamu untuk membeli produk yang kamu tawarkan sebelum kamu benar- benar cukup dekat dengan mereka.

Baca Juga:   Tren SEO Terbaru: Apa yang Harus Anda Ketahui

Salah satu hal penting yang perlu diingat juga adalah untuk menyetting akun sosial media ke publik, bukan private. Di YouTube, Twitter, Instagram dan Pinterest, beberapa blogger kerap memilih untuk menggunakan private profil.

Sama halnya dengan Facebook, pastikan privasi kamu di setting untuk dapat dilihat semua orang, bukan hanya teman ( Friend ) atau hanya untukmu sendiri. Untuk dapat melihat setting, silahkan masuk ke ‘Setting’ ( Pengaturan ) >> ‘Privacy’.

Penempatan Keyword di Konten Sosial Media

Keyword bukan hanya penting untuk konten blog dan website, tapi juga untuk sosial media. Misanya di Pinterest, salah satu strategi bagus untuk mendapatkan rangking bagus di mesin pencari adalah dengan menggunakan kata kunci yang dibidik dalam Pin atau boards.

Sama halnya dengan channel YouTube, penemepatan kata kunci yang tepat akan membawa lebih banyak trafik ke channel video dan juga website sekaligus.

Hal yang sama juga berlaku untuk akun sosial media lainnya. Dengan menggunakan keyword yang dibidik, maka konten akan semakin mudah ditemukan, di semua platform sosial media yang kamu gunakan.

Sebagai catatan : penggunaan keyword ini bisa kamu gunakan langsung dalam deskripsi status atau sebagai hashtag ( # ).

Buat Halaman Profil

Apakah kamu sedang memulai akun baru atau sudah memiliki akun untuk sementara waktu, kamu pasti ingin memastikan semua akun memiliki pengalaman pengguna dioptimalkan yang benar-benar memamerkan merek, bukan? Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan :

  • Memastikan bahwa profil diatur dengan nama merek yang benar, URL situs web, dan biodata yang kaya kata kunci. Lakukan ini dan kamu akan segera mendapatkan peringkat sosial yang solid.
  • Ingatlah batas karakter untuk setiap situs, dan jangan berlebihan. SEO bukan hanya tentang menulis untuk algoritma pencarian, orang perlu merasa terpikat atau tertarik untuk belajar lebih banyak berdasarkan biodata. 150 karakter yang berdampak akan membuat lebih baik daripada 500 karakter yang diisi kata kunci.
  • Jangan lupa tentang pencitraan : gunakan file logo berkualitas tinggi untuk ikon-mu, dan unggah foto terbaru untuk memulai.
  • Selalu perbarui profil untuk peringkat Google dan minat pengguna : perlu diingat bahwa SEO sosial media memiliki dua tujuan, yaitu : agar profil sosial mendapat peringkat tinggi di Google dan agar konten sosial muncul di pencarian di situs.
  • Untuk Google, pastikan kamu selalu memperbarui informasi di profil. Tulis ulasan setiap tiga bulan untuk memastikan jam dan informasi kontak sudah benar.
  • Untuk pengguna di sosial media, tetapkan jadwal posting yang konsisten. Untuk memastikan visibilitas maksimum, penting bagi kamu untuk sering memposting dan dengan kata kunci yang relevan. Sosial media memiliki umur simpan yang pendek, jadi jika konten-mu tidak terbaru, mungkin tidak dianggap relevan. Semakin bertarget kata kunci yang kamu gunakan, maka semakin besar kemungkinan profil-mu akan ditemukan.

Untuk memaksimalkan setiap algoritme situs dan juga untuk meningkatkan peluang bisnis-mu ditemukan, mungkin praktik ini bisa kamu terapkan :

Facebook

1 postingan sehari (paling banyak), keterlibatan akan menurun jika kamu memposting lebih dari dua kali sehari

Instagram

2 hingga 3 kali seminggu di feed (dengan saran tambahan 2 cerita sehari sebagai tambahan, meskipun tidak semua bisnis mengikuti kecepatan itu, bahkan pakar sosial media Hootsuite hanya memposting 2 hingga 3 cerita seminggu)

Twitter

1 hingga 2 tweet sehari, meskipun berpotensi lebih banyak jika audiens-mu merespons dengan baik

Nah kami yakin bahwa kamu sudah paham akan pemeringkatan SEO untuk sosial media ini, jika kamu membacanya dengan baik.

Setelah kamu mengetahui cara pemeringkatan SEO yang baik ini, seakarang saatnya untukmu mengenal dengan sebuah Web Hosting Indonesia Terbaik dari Domainesia. Web Hosting Domainesia Menggunakan teknologi cloud terbaru seperti high availability, distributed storage, dan scalable. Hosting Indonesia kami mengutamakan performa dan keamanan untuk setiap pelanggan, silakan klik ini untuk mendapatkan Diskon dari Web Hosting Domainesia.

Artikel Terkait

Back to top button