Informasi

Mengenal Manfaat Google Knowledge Graph: Apakah Penting bagi SEO?

Google Knowledges Graph adalah salah satu produk pengembangan dari Google yang sangat penting dalam beberapa tahun terakhir ini. Kehadiran manfaat Google Knowledge Graph  sendiri adalah suatu inovasi yang telah membawa disrupsi dan perubahan budaya  (Culture Change) pada pengguna internet dimasa kini.

Namun tidak semua pihak menyadari perubahan besar tersebut meski jelas terjadi di kehidupan sehari-hari. Secara bersamaan, inovasi tersebut juga menjadi peluang besar di sektor bisnis bagi yang memahami konsep dasar dan dampak jangka panjangnya.

Hal ini adalah bagian dari pengembangan bisnis digital yang terus berubah.  Mungkin berpengaruh dalam perkembangan Algoritma Google itu sendiri, silakan baca artikel kami tentang: Perkembangan Algoritma Google – Update 2023

Dari perubahan algoritma Google itu sendiri, tidak terlepas dari peran SEO, terutama dalam sektor pengembangan website. Google Knowledge sendiri adalah bagian dari SEO, berikut ini kami berikan tips tentang Google Knowledge Graph dan manfaatnya bagi SEO

Apa Itu Google Knowledge Graph?

Google Knowledge Graph
Manfaat Google Knowledge Graph

Google Knowledge Graph adalah data berisi semantic dan markup yang terstruktur untuk membantu menghubungkan konsep dan ide dalam kegiatan penelusuran informasi. Adanya grafik ini membantu user mendapatkan informasi yang relevan dengan Kueri penelusuran .

Kadang Google Knowledge Graph bisa disebut sebagai kawin silang antara ensiklopedia dan database. Setiap artikel yang ada di halaman pencarian disebut sebagai entitas oleh developer.

Sedangkan Google sendiri menyebutnya topik di artikel yang ditujukan untuk pengguna.

Topik dalam Knowledge Graph bisa berbentuk apa saja seperti identitas unik yang bisa dilihat di URL Google. Biasanya terdapat beberapa keterangan untuk menjelaskan topik seperti:

  • Nama atau label
  • Tipe
  • Deskripsi
  • Gambar
  • Teks berisi sumber

Selain itu, Google Knowledge Graph juga menggunakan kecerdasa kolektif dari internet untuk memahami dunia lebih luas. Sumber Google sendiri tidak hanya dari database publik, seperti Wikipedia.

Knowledge Graph dari Google beroperasi dalam skala besar untuk menyediakan informasi in-depth kepada pengguna. Artinya Google itu cuma kasih gambaran besar tentang apa yang kamu cari sebagaia pengguna, seperti daftar diatas.

Dengan kata lain, Google Knowledge Graph adalah sebuah database yang menyimpan informasi tentang orang, lokasi, peristiwa, dan konsep yang terkait dengan dunia nyata.

Ketika Anda memasukkan kueri tentang seorang figur ternama, Google akan menampilkan hasil pencarian yang relevan berdasarkan data dari Knowledge Graph. Ini adalah langkah Google untuk membangun generasi baru pencarian melalui mesin pencari.

Pada Gambar dibawah informasi di kanan atas  kami mengetik keyword Bruce Lee misalnya. Google memberikan jawaban langsung di hasil pencarian, termasuk tanggal lahir Raffi Ahmad, tempat lahir, tanggal dan tempat kematiannya, pasangannya, dan lainnya.

Manfaat Google Knowledge Graph: Bruce Lee
Hasil Pencarian Tentang Bruce Lee

Contoh Google’s Knowledge Graph : Bruce Lee

Tidak hanya informasi tambahan yang ditampilkan, tetapi ini bukan hanya kumpulan data: ini menunjukkan bahwa mesin pencari bekerja untuk mengembangkan pengetahuan mereka sendiri tentang hubungan antara orang dan benda. Dalam kasus Gambar, kita dapat melihat bahwa Google memahami bahwa:

  • Bruce Lee adalah nama seseorang.
  • Orang memiliki tanggal dan tempat lahir.
  • Orang memiliki tanggal dan tempat kematian.
  • Orang mungkin memiliki pasangan.

Mesin pencari secara aktif memetakan jenis hubungan ini sebagai bagian dari upaya mereka untuk menawarkan informasi yang lebih lengkap secara langsung di hasil pencarian itu sendiri.

Bagaimana Cara Kerja Google Knowledge Graph

Google Knowledge Graph bekerja dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, seperti Wikipedia, dbpedia, dan sumber-sumber lain yang terpercaya. Setelah mengumpulkan informasi tersebut, Google kemudian mengelompokkannya menjadi entitas yang terpisah, seperti orang, lokasi, peristiwa, dan konsep.

Setiap entitas diberi sebuah ID unik yang memungkinkan Google untuk menghubungkan entitas-entitas tersebut dengan satu sama lain.

Ketika seseorang mencari sesuatu di Google, mesin pencari tersebut akan mencari perihal yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan dan menggunakan informasi dari Knowledge Graph untuk memberikan jawaban yang lebih tepat dan jelas. Contohnya, jika seseorang mencari “Siapa Presiden Amerika”,

Google akan menemukan perihal yang sesuai dengan pertanyaan tersebut dan menampilkan nama presiden Amerika saat ini, beserta informasi lainnya tentang presiden tersebut yang diperoleh dari Knowledge Graph.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Menulis Konten Yang Ramah SEO

Selain itu, Google Knowledge Graph juga membantu menghubungkan perihal yang terkait tempat yang terhubung dengan satu sama lain. Misalnya, jika kamu  mencari “Bali”, Google dapat menampilkan informasi tentang Bali sebagai sebuah pulau di Indonesia, termasuk informasi tentang budaya, sejarah, dan tempat-tempat wisata di Bali yang diperoleh dari Knowledge Graph.

Pada akhirnya, Knowledge Graph membantu Google menyediakan jawaban yang lebih lengkap dan membantu pengguna menemukan informasi yang relevan dengan lebih cepat.

Apa Manfaat Google Knowledge Graph?

Manfaat Google Knowledge Graph adalah memberi pengguna jawaban yang cepat dan jelas atas pertanyaan pengguna, serta menjawab pertanyaan lebih lanjut tanpa harus mengklik lagi.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari Google Knowledge Graph, diantaranya:

  • Memberikan jawaban yang lebih tepat dan jelas: Knowledge Graph memungkinkan Google untuk menyediakan jawaban yang lebih tepat dan jelas pada pertanyaan pengguna, karena database tersebut menyimpan informasi yang sangat banyak dan terpercaya.
  • Membantu menemukan informasi yang relevan dengan lebih cepat: Knowledge Graph membantu Google menghubungkan perihal yang terkait dengan satu sama lain, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan informasi yang relevan dengan kata kunci yang mereka masukkan.
  • Meningkatkan pengalaman pencarian: Dengan menyediakan jawaban yang lebih tepat dan jelas , serta membantu menemukan informasi yang relevan dengan lebih cepat, Knowledge Graph dapat meningkatkan pengalaman pencarian pengguna secara keseluruhan.
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi: Knowledge Graph juga dapat membantu perusahaan dan bisnis dalam meningkatkan visibilitas online, sehingga dapat meningkatkan trafik ke website mereka dan membantu pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.
  • Menggunakan contoh Bruce Lee, Google mengatakan bahwa hanya dengan satu kueri dari pengguna, grafik pengetahuannya memungkinkan mesin telusur untuk menjawab “50% kueri berikutnya yang ditanyakan orang tentang dia” dari referensi yang ada.

Sehingga Google Knowledge Graph ini berarti tidak perlu lagi mengklik halaman situs web yang penuh dengan teks untuk menemukan jawaban langsung atau mengetik tanpa henti di bilah pencarian Google. Google melakukan semuanya untuk kamu bermanfaat bukan?

Apakah Penting Google Knowledge Graph bagi SEO?

Google Knowledge Graph memiliki pengaruh terhadap optimasi mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization) karena dapat mempengaruhi bagaimana mesin pencari menampilkan hasil pencarian kepada pengguna.

Alasannya jika kamu mencari sesuatu dari Google Knowledge Graph, nah yang kamu cari itu  muncul dalam hasil pencarian, maka apa yang kamu cari itu akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna dan dapat meningkatkan traffic ke website kamu.

Selain itu, Google juga sering menggunakan informasi dari Knowledge Graph untuk menampilkan jawaban langsung pada pertanyaan pengguna di hasil pencarian, seperti “Siapa Presiden Indonesia?”, “Berapa jumlah penduduk Indonesia?”, dll.

Jika konten yang terkait dengan bisnis kamu muncul dalam jawaban langsung tersebut, maka hal ini dapat meningkatkan trafik ke website kamu dan meningkatkan visibilitas website kamu.

Maka dari itu, penting bagi  kamu yang ingin belajar SEO untuk memahami bagaimana Google Knowledge Graph bekerja dan bagaimana cara memastikan bahwa informasi yang kamu miliki sudah tersedia dalam kontenwebsite kamu, agar dapat memaksimalkan manfaat yang dapat diperoleh dari Google Knowledge Graph.

Cara Mendapatkan Google Knowledge Graph?

Untuk mendapatkan Google Knowledge Graph, pertama-tama kamu perlu memastikan bahwa informasi yang kamu miliki tentang konten yang terkait dengan websitemu sudah tercantum dengan benar di sumber-sumber terpercaya misalnya Wikipedia dan dbpedia.

Ini akan membantu Google menemukan informasi tersebut dan memasukkannya ke dalam Knowledge Graph.

Selain itu, kamu juga dapat mengajukan permohonan untuk menambahkan informasi tentang konten yang terkait dengan website mu ke Knowledge Graph melalui Google Search Console. Cara untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Google Search Console dan pilih situs yang ingin Anda tambahkan ke Knowledge Graph.
  • Pilih menu “Structured data” dan klik tombol “Add a structured data type”.
  • Pilih tipe data yang sesuai dengan entitas yang ingin Anda tambahkan, misalnya “Corporation” atau “Person”.
  • Masukkan informasi tentang konten kamu, seperti nama, deskripsi, dan URL situs.
  • Klik tombol “Submit” untuk mengajukan permohonan.

Meskipun tidak ada jaminan bahwa Google akan menambahkan informasi yang kamu ajukan ke Knowledge Graph, dengan memastikan bahwa informasi yang kamu miliki tercantum dengan benar di sumber-sumber terpercaya dan mengajukan permohonan melalui Google Search Console,kamu dapat meningkatkan kemungkinan informasi tersebut akan dimasukkan ke dalam Knowledge Graph.

Baca Juga:   Cara Mengoptimalkan Situs Web yang Baru Diluncurkan untuk SEO

Setelah Google memiliki akses langsung kekonten kamu, mengetahui bahwa kamu dapat dipercaya dan dapat melihat bahwa kamu memberikan apa yang diinginkan pengguna mesin pencari, Google kemungkinan besar akan menempatkan kamu di bagian atas halaman hasil mesin pencari dan menampilkan informasimu kepada pengguna dalam bentuk Knowledge Panels dan rich snippets.

Nah cara Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan trafik webstie kamu. Tentu saja, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Nah jangan khawatir..

Kami kami jabarkan empat langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan Google Knowledge Graph:

Terhubung dengan Google dan Wikipedia

Sebagian besar informasi tentang Google Knowledge Graph berasal dari Wikipedia dan dari Google itu sendiri, jadi gabung dengan para pemain besar ini bisa membantu kamu dengan Knowledge Graph tersebut.

Langkah-langkah sederhana yang dapat kamu ambil untuk melakukan ini meliputi:

  • Mendaftar dengan Google Search Console (yang membantu kamu mengukur trafik dan kinerja pencarian situs kamu); jika kamu pemilik bisnis, daftar ke Google Bisnisku. Ini akan meningkatkan visibilitas dan otoritas di Google, serta memberi fitur bisnismu ada diGoogle Maps.
  • Dalam hal menguasai Wikipedia, kamu pasti perlu memastikan bahwa kamu sudah memiliki akun Wikidata. Mendapatkan artikel Wikipedia mungkin terdengar aneh, tetapi tautan artikel Wikipedia mengarah ke sumber yang mereka gunakan dan mempermudah akses ke situs web Anda. Jadi, memiliki artikel di halaman terkenal dapat menghasilkan lebih banyak klik dalam jangka panjang. Artinya, link di akun wikipedia bisa jadi backlink untuk website kamu.

Gunakan Schema Markup

Schema Markup mungkin terdengar membingungkan pada awalnya, tetapi pada intinya tidak terlalu rumit. Schema Markup adalah cara menandai konten kamu di website sehingga Google dapat memahaminya kalo konten kamu.

Manfaat lain dari Schema Markup adalah membuat kamu dapat menikmat dari Google, antara lain:

  • Mendapatkan fitur rich snippets,
  • Mendapatkan Google Knowledge Panel,
  • Muncul di beberapa opsi pencarian yang belum dikenal.

Hal Penting dari Google Knowledge Graph yang Perlu Kamu Ketahui

Berikut adalah beberapa catatan penting yang perlu kamu ketahui tentang Google Knowledge Graph:

Pertama, Google Knowledge Graph tidak dapat dioptimalkan seperti halnya SEO: Karena konten yang cantumkan dalam Knowledge Graph seperti halnya SEO, sehingga tidak ada cara untuk memastikan bahwa konten kamu akan muncul di hasil pencarian.

Namun jangan khawatir, kamu bisa memastikan bahwa informasi yang kamu miliki tercantum disumber terpercaya seperti Wikipedia dan dbpedia, dan mengajukan permohonan untuk menambahkan konten kamu  ke Knowledge Graph melalui Google Search Console.

Kedua, Google tidak selalu menampilkan konten dari Knowledge Graph di hasil pencarian: Kadang-kadang bisa muncul atau tidak. Hal ini tergantung pada relevansi dan keakuratan informasi dari konten kamuyang tersedia, serta pertanyaan yang diajukan oleh pengguna.

Ketiga, Informasi dalam Knowledge Graph bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung pada sumber-sumber yang digunakan oleh Google untuk memperbarui konten tersebut. Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa informasi yang kamu miliki tercantum dengan benar di sumber-sumber terpercaya seperti Wikipedia dan dbpedia.

Keempat, Knowledge Graph tidak dapat digunakan sebagai referensi utama: Meskipun Knowledge Graph menyimpan informasi yang banyak dan terpercaya, tidak dapat digunakan sebagai refensi utama karena informasi yang tersedia mungkin tidak selalu akurat atau lengkap. Maka dari itu, penting untuk memverifikasi informasi yang kamu dapatkan dari Knowledge Graph dengan sumber lain yang terpercaya.

Kesimpulan

Inovasi Google hingga saat ini dapat menggunakan informasi seputar perilaku pengguna untuk memahami topik mana yang dinilai penting berdasarkan history. Selain Google Knowledge Graph kamupun juga dapat melihat fitur menarik lain dari Inovasi Google seperti, Google Trends, Google Discover, ataupun Google Web Stories. Hal ini dapat memberikan pengetahuan baru dalam perkembangan digital.

Google Knowledge Graph juga berperan dalam menampilkan fitur yang memperkaya Mesin pencari, seperti rich snippet dan featured snippet. Maka dari itu, kegiatan optimasi website menjadi penting dilakukan agar halaman yang Anda sajikan mendapatkan peringkat atas dan mendapatkan fitur-fitur Google tersebut.

Optimisasi Konten SEO
Konsultan SEO Profesional

Apakah Anda ingin meningkatkan visibilitas website kamu dan mengoptimalkan peringkat SEO? Jika demikian, kenali manfaat Google Knowledge Graph! Sebagai konsultan SEO yang berpengalaman, kami memahami pentingnya manfaat Google Knowledge Graph dalam strategi SEO kamu. Kami siap membantu kamu memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan kualitas konten, menarik lebih banyak trafik organik, dan mencapai hasil yang lebih baik dalam mesin pencari.

Jasa Penulisan Artikel SEO Frienldy untuk Blog dan Marketing
Jasa Penulisan Artikel SEO Frienldy untuk Blog dan Marketing

Selain itu, dapatkan keuntungan dari peningkatan visibilitas dan peringkat SEO dengan menggunakan jasa penulis artikel SEO kami. Tim penulis kami terampil dalam mengoptimalkan konten untuk Knowledge Graph, sehingga konten kamu dapat muncul dalam hasil penelusuran dan menarik perhatian pengguna. Jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang dan bersama-sama kita dapat merancang strategi yang efektif untuk memaksimalkan potensi website mu.

Artikel Terkait

Back to top button