SEO Off Page

Panduan dan Strategi Menggunakan Local SEO Agar Bisnis Kamu Berkembang

Apa yang terlintas di dalam hati kamu saat mendengar istilah Local SEO?  Atau bagaimana cara menggunakan local SEO?

Ya.. Mungkin Beberapa dari kamu mungkin udah paham dan bisa jadi sudah menerapkan salah satu strategi SEO yang satu ini.

Akan tetapi, tak sedikit juga masih mengabaikan kalau strategi ini ngga terlalu penting dalam bisnis yang dijalani.

Nah FYI nih..

Faktanya, local SEO memegang peranan penting untuk mengembangkan bisnis di era sekarang. Menurut statistik dari beberapa SEO Specialist, 46% pengguna mencari informasi lokal melalui Google. Artinya, kamu tidak boleh mengabaikan strategi yang satu ini.

Tidak hanya itu juga cara menggunakan local SEO sendiri adalah bagian dari strategi SEO Off Page. Nah silakan baca artikel kami tentang 4 Strategi dan Contoh SEO Off Page yang Wajib Kamu Ketahui.

Bahkan kamu sendiri juga secara tidak sadar menggunakan pencarian informasi lokal lho…

Contohnya Nih..Pernah kah kamu mencari Hotel Murah di Jogja, atau Cafe Terdekat.. Simpelnya.. Penyebutan nama tempat itulah yang disebut pencarian Lokal..

Perlu kamu ketahui secara mendasar, supaya kinerja website usaha kamu makin maksimal, minimal kamu perlu tahu apa itu local SEO.

Sayangnya, mungkin sebagian besar orang masih belum mengetahui apa itu Local SEO. Padahal, ada cara yang mudah bagaimana cara menggunakan local seo itu sendiri.

Tak perlu khawatir, kali ini kami akan memberikanmu panduan dan strategi cara menggunakan Local SEO untuk mengembangkan bisnis kamu di area tempat kamu tinggal. Dengan menggunakan Local SEO, usaha kamu dapat lebih mudah ditemukan oleh konsumen. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, simak panduan berikut ini!

Mengenal Apa itu local SEO

Pada dasarnya, arti dari  local SEO adalah upaya memaksimalkan website bisnis agar visibilitasnya meningkat dalam penelusuran di lokasi terdekat dengan memanfaatkan search engine lokal. Artinya website yang kamu punya bisa diliat dalam pencarian lokal.

Contohnya ketika kamu tengah menulis keyword warung makan murah terdekat di Google deh, jika memang praktik optimasi SEO lokal ini sudah kamu terapkan pada website bisnis, maka ketika ada pelanggan yang melakukan pencarian warung makan murah terdekat, Google langsung merekomendasikan konten di website bisnis Anda.

Menarik kan….

Arti lain dari Local SEO atau Local Search Engine Optimization adalah strategi mengoptimalisasi website pada mesin pencarian menggunakan keywords atau kata kunci yang menggunakan istilah lokal atau dekat dengan lokasi bisnis kamu.

Tentu tidak semua website bisnis di lokasi sekitar pengguna internet akan muncul di pencarian.

Alasannya, karena local SEO sendiri memiliki tiga faktor utama yang menjadi indikator dan penilaian suatu konten jadi lebih unggul dibandingkan konten lainnya. Ketiga faktor tersebut, yaitu kedekatan, keunggulan, serta tentunya relevansi.

Cara Mesin Pencari Menentukan Indikator Suatu Bisnis Lokal

Setelah mengetahui apa itu local SEO, kamu tentu saja penasaran dong bagaimana mesin pencari menentukan peringkat untuk bisnis lokal.

Untuk lebih membuat teman-teman memahami faktor peringkat local SEO, menurut survei dari Pakar SEO mengenai faktor ranking local SEO melalui mesin pencari, berikut ada beberapa faktor yang diyakini oleh para SEO Specialis mengenai lokal SEO mampu membuat Anda berada di peringkat terbaik:

kedekatan alamat bisnis dengan lokasi user

alamat toko offline di kota pencarian

kata kunci dalam judul

Jadi gimana dong cara memenuhi tiga faktor itu?

Sans..

Berikut ini kami Spill gimana cara menggunakan local SEO itu..

Strategi Menggunakan Local SEO

Mayoritas orang akan melakukan pencarian informasi di internet terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Di sinilah peran local SEO, yakni akan membantu calon pembeli terdekat untuk menemukan bisnis Anda.

Baca Juga:   4 Strategi dan Contoh SEO Off Page yang Wajib Kamu Ketahui

Menjadi yang teratas saat ada yang mencari informasi mengenai kategori bisnis kita adalah hal yang menguntungkan. Berikut ini langkah-langkah optimasi Local SEO sebagai strategi mengembangkan bisnis melalui search engine.

Tidak sedikit yang akhirnya mengunjungi lokasi bisnis hingga bahkan melakukan pembelian. Jadi, bagaimana caranya agar strategi ini berjalan maksimal?

Manfaatkan Google My Business (Saat ini Google Business Profile)

Kalau kamu belum bermain dengan Google Business Profile (Profil Bisnis), sebaiknya lakukan dari sekarang.

Karena, tools yang satu ini mampu meningkatkan strategi local SEO kamu dengan sangat maksimal.

Oh iya, tools ini sebelumnya dikenal dengan Google My Business (GMB), tapi November 2021 lalu berganti nama menjadi Google Business Profile.

Lalu, bagaimana cara mengoptimasi Google Business Profile?

Pertama-tama, kamu perlu mengisi seluruh informasi terkait bisnis, seperti nomor telepon, alamat email, alamat bisnis offline, kategori bisnis, jam operasional bisnis, website bisnis, dan lain-lain.

Selain itu kamu juga perlu mengisi produk apa saja yang dijual dalam bisnis kamu. Dengan mengisi data tersebut, maka calon konsumen akan dengan mudah melihat-lihat produk Anda terlebih dahulu.

Pastikan, semua data yang terisi merupakan data aktif sehingga calon konsumen mampu menemukan lokasi bisnismu dengan baik. Datanya harus Real kah?  Real Cuyyy..

Setelah semua data diisi, kamu perlu melakukan verifikasi terkait akun Google Business Profile Anda kepada Google. Tujuannya supaya nama toko yang Offline kamu bisa ditemukan oleh calon konsumen di Google Maps.

Manfaatkan NAP (Name, Address and Phone Number) Citation Lokal

Istilah NAP Citations merupakan kutipan atau sitasi singkat mengenai usaha kamu. Format sederhananya adalah: Nama, alamat, dan Nomor Telepon (Name, Address, Phone number).

Semakin sering NAP Citations kamu muncul di internet, maka bisnis kamu yang sudah terdaftar di Google Business Profile dianggap semakin terkenal oleh mesin pencari (Google).

Dan hasilnya, bisnis kamu semakin mudah ditemukan oleh calon konsumen. Kamu bisa mulai membagikan NAP Citations di website, blog, media sosial dan platform lain di internet.

Namun perlu kamu ingat, selain membangun NAP Citations sebanyak mungkin, pastikan informasi yang kamu masukkan harus selalu sama ya!

Jangan sampai kamu memberikan alamat atau nomor telepon yang berbeda pada Google Business Profile dengan yang dicantumkan di media sosial. Karena Google akan tidak akan merekomendasikan ke calon konsumen jika NAP Citations kamu tidak sesuai.

Fokuskan Konten Lokal

Dikarenakan kita akan fokus pada local SEO, maka alangkah baiknya kamu perlu membuat konten yang berisi informasi area lokal yang di dalam website. Memang, terkadang konten umum dari kata kunci yang sering dipakai akan mendatang traffic yang lebih banyak.

Tapi, karena ini fokus pada konten lokal,kamu  juga harus memikirkan untuk membuat konten lokal supaya mendapatkan pasar yang lebih jelas dan fokus lagi, khususnya di area sekitar lokasi bisnismu.

Tidak hanya itu juga, Konten lokal ini berkaitan erat dengan lokasi bisnismu. Misalnya, jika kamu sedang menjalankan bisnis hotel di Jogja , kamu bisa mengeksplor konten lokal seputar Jogja seperti berbagai tempat wisata menarik untuk dikunjungi, makanan khas Jogja yang wajib dicoba, event apa yang akan atau sedang berlangsung, dan sebagainya.

Ada lagi contohnya, kamu mungkin sedang menjalankan bisnis toko roti Surabaya. Mungkin, kamu bisa memulai dengan membuat konten seperti “5 Toko Roti di Surabaya Terenak” ataupun mengedukasi perihal jenis-jenis roti khas Surabaya.

Jadi Berpikirlah secara kreatif untuk mampu mengedukasi dan menggaet pasar lokal. Dengan konten yang berkualitas, tentu saja calon konsumen akan tertarik dengan bisnismu. Bahkan, tidak menutup kemungkinan mereka akan melakukan transaksi.

Selain itu, Cari tahu apa yang tengah menjadi tren di komunitas lokal. Kuncinya, konten yang semakin relevan akan memudahkan calon konsumen menemukan bisnis Anda.

Baca Juga:   Strategi SEO Off-Page: Cara Meningkatkan Traffic Page Rank

Perhatikan Ulasan Pelanggan

Ada yang bilang gini..

Pelanggan adalah Raja..

Namanya bisnis, apalagi yang pemasarannya dilakukan secara online, untuk meyakinkan calon pelanggan upaya utamanya yaitu dengan memaksimalkan ulasan.

Ulasan pelanggan sangat berhubungan erat dengan kualitas dari bisnis.

Bila bisnis yang dijalankan berkualitas, akan secara otomatis diberikan review dan ulasan positif oleh para pelanggan.

Dari data yang ada, sebanyak 88% dari pelanggan mempercayai ulasan online seperti mereka memercayai rekomendasi pribadi.  Ulasan sangat berhubungan dengan local SEO. 87% orang membaca online review saat melakukan pencarian lokal.

Survei 9 dari 10 orang membaca ulasan online sebelum melakukan transaksi, dan salah satu bagian yang sering dilihat adalah rating bintangya.

Dengan data ini kita bisa menyimpulkan bahwa ulasan atau review merupakan faktor yang penting untuk menggunakan local SEO yang sukses.

Maka dari itu, lakukan interaksi dengan mengajak pelanggan memberi ulasan serta merespons ulasan mereka. Jumlah dan keberagaman ulasan adalah dua indikator penting yang menunjukkan kredibilitas bisnis.

Menggunakan Kata kunci berbasis lokasi

Menambahkan kata kunci yang relevan dengan lokasi bisnis kamu di situs web yang kamu miliki, dapat membantu meningkatkan peringkat pencarian lokal. Pastikan juga untuk menambahkan deskripsi yang relevan dengan lokasi bisnis kamu di setiap halaman website.

Lakukan riset ini untuk membantu proses identifikasi kata kunci apa saja yang dicari oleh pelanggan saat melakukan pencarian lokal.

Supaya mempermudah optimasi local SEO  dengan menggunakan kata kunci, manfaatkan tools yang bahkan yang sudah banyak bermunculan. Bahkan ada juga yang bisa di akses secara gratis.Seperti Google Trends, Google Keyword Planner, Keyword Tool, Ahrefs, dan lain-lain.

Kalo secara umumunya nih..

  • Ketika melakukan proses riset kata kunci, pastikan mempunyai volume penelusuran yang tinggi.
  • Volume penelusuran kata kunci yang semakin tinggi, mengartikan banyak dicari oleh para pelanggan.
  • Karena banyak dicari, tentu persaingan untuk memperebutkan posisi pertama halaman pencarian juga semakin tinggi.

Jadi, cari yang persaingan kata kuncinya rendah, tapi rata-rata pencariannya tinggi.

Sebab, kompetitor kamu pemilik website dengan usaha yang sama banyak yang menyisipkan kata kunci bervolume tinggi untuk meningkatkan trafik pengunjung mereka.

Untuk melanjutkan strategi menggunakan local SEO pakai kata kunci, sisipkan pada bagian deskripsi Google Business Profile.

Hal ini membuat pencarian terhadap kata kunci terkait pada Google, semakin relevan dengan bisnis kamu.

Mengingat target bisnis lingkupnya area lokal, bisa menggunakan kata kunci yang lebih spesifik. Caranya bisa menambahkan informasi kota tertentu pada bagian akhir bisnis yang dicari.

Misalnya, jika bisnis kamu adalah hotel di Jakarta, pastikan kamu menggunakan kata kunci seperti “Hotel di Jakarta” atau “Hotel di daerah Jakarta Timur”.

Supaya proses optimasi memberikan hasil maksimal terhadap bisnis, lakukan secara konsisten.

Seringkali untuk memulai menggunakan local SEO lebih mudah karena masih memiliki semangat tinggi dibandingkan konsisten dalam menerapkannya jangka panjang.

Ingin meningkatkan eksposur bisnis kamu secara lokal? Gunakan strategi local SEO bersama kami! Sebagai konsultan SEO terpercaya, kami menyediakan layanan khusus dalam menggunakan local SEO untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas bisnis Anda di tingkat lokal.

Dengan bantuan tim ahli kami, kamu akan mendapatkan link berkualitas tinggi dan konten yang dioptimalkan sesuai kebutuhan lokal kamu melalui jasa penulis artikel SEO kami. Jangan lewatkan peluang ini untuk mendominasi pasar lokal dan mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial.

FAQ Untuk Menggunakan Local SEO

Jasa SEO itu apa ya?

Berapa lama hasil SEO terlihat?

Banyak perusahaan SEO akan memberi tahu Anda bahwa dibutuhkan waktu 4 hingga 6 bulan untuk mulai melihat hasilnya.

Apa itu SEO untuk pemula?

Search Engine Optimization atau SEO adalah sebuah cara mengoptimasi website supaya mendapat ranking teratas di pencarian Google. Saat suatu website menggunakan SEO, situs yang dikerjakan akan lebih mudah ditemukan audiens dan berpotensi meningkatkan traffic website tersebut.

Langkah pertama dalam proses SEO?

Langkah pertama dalam setiap proses SEO adalah melakukan audit apa yang Anda miliki saat ini. Untuk bisa melakukan audit dengan baik, Anda memerlukan dua alat penting yang sebenarnya telah disiapkan oleh Google, yaitu Google Analytics dan Google Webmaster Tools.

Apa tujuan dari SEO?

Search engine optimization (SEO) merupakan sebuah proses sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan traffic melalui mesin pencarian Google. Tujuan utama dari SEO adalah untuk menempatkan suatu website agar muncul di urutan pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu.

Artikel Terkait

Back to top button