SEO On Page

5 Hal Penting Dalam Struktur URL Untuk SEO, Perhatikan!

Perlu dipahami istilah URL atau Uniform Resource Locator adalah alamat sebuah website. URL ini berfungsi membawa kita ke sebuah website yang ingin dituju. Dalam hal ini penting bagi kalian untuk memperhatikan struktur URL untuk SEO, kenapa?

Karena biasanya kalo kamu udah tau alamat sebuah website tertentu, kamu bisa mengetikkan alamat web tersebut di bagian address bar yang ada di browser atau mesin pencari.

Nah strukrut URL ini bisa dibilang salah satu bagian penting, mengapa? Karena jika kita pake analogi nih ya, website itu kita anggap sebagai sebuah rumah.

Nah kalo mau menuju rumah tersebut, maka kita pasti butuh alamat dong, kalo engga kan nyasar nanti. Alamat itulah yang kita sebut dengan URL. dan URL ini adalah bagian dari teknik optimasi SEO On Page. Silakan baca artikel kami tentang:Teknik SEO On Page Adalah Optimalkan Konten Kamu.

Apa itu Struktur URL?

URL itu bukan cuman sekedar alamat website, URL juga memiliki bagian-bagian sendiri yang dapat menentukan apakah URL itu bagus atau tidak. Nah kita akan bahas sama-sama lebih dalam tentang bagian teknis dari sebuah URL.

Apa saja Bagian-bagian URL?

Sebuah URL dapat dipecah menjadi beberapa bagian yang berbeda, dan setiap bagian memiliki tujuan tertentu. Sebenernya, kamu ga harus begitu paham dan mengetahui detail sebuah struktur URL, yang penting tau, ga ada salahnya kan kalo untuk  mengetahui tentang struktur URL. Sebagai contoh coba liat URL berikut ini.

https://infoseo.web.id/teknik-seo-on-page-adalah/

Apa itu Struktur URL Untuk SEO?

Untuk membuat artikel SEO friendly, Kamu juga perlu mengoptimalkan struktur URL untuk SEO. Sebelum mempelajari ciri struktur URL yang SEO friendly, Kamu perlu memperhatikan bagian URL berikut ini.

https://infoseo.web.id/mengenal-seo-bagi-pemula/

Struktur URL di atas terbagi menjadi 3 bagian yang terdiri dari protokol, domain, dan path file. Simak penjelasannya berikut ini:

  • Protokol: mendefinisikan protokol yang digunakan dalam komunikasi data di halaman web. Protokol standar yang mungkin digunakan adalah HTTP dan HTTPS. Pada URL diatas website telah menggunakan protokol HTTPS.
  • Domain: Mewakili alamat utama website, yang terdiri dari nama domain dan ekstensi domain. Nama domain pada URL di atas adalah cmlabs dan ekstensi domainnya adalah .co yaitu ekstensi top level domain yang digunakan untuk perusahaan atau startup.
  • Path File: Menunjukkan lokasi spesifik dari file yang diakses oleh pengguna.

Struktur URL untuk SEO Friendly

Salah satu ciri struktur URL yang SEO friendly adalah dapat memudahkan search engine dalam melakukan crawling dan indexing. Dengan mengoptimalkan URL untuk SEO, Kamu bisa membantu search engine dalam memahami konten website Kamu dengan lebih baik.

Akan tetapi, beberapa website mungkin masih belum menerapkan struktur URL yang tepat untuk SEO. Adapun ciri struktur URL yang SEO friendly adalah sebagai berikut:

Struktur URL harus dibuat sesederhana dan seringkas mungkin. Hal ini karena URL yang terlalu panjang dapat membingungkan pengguna dan search engine dalam mengetahui topik yang disampaikan dalam suatu halaman web. Untuk menjaga URL tetap singkat, Kamu tidak perlu perlu menampilkan parameter yang tidak diperlukan dalam URL Kamu.

Mendeskripsikan Konten Website

URL halaman harus bisa mendeskripsikan isi konten, namun tetap dibuat sesingkat mungkin. Hal ini agar memudahkan web crawler dalam memahami isi konten yang terdapat dalam website Kamu.

Memuat Target Keyword

Ketika Kamu memasukkan keyword di URL, hal ini akan memberitahu Google bahwa halaman web Kamu memuat informasi tentang keyword tersebut. Google juga menyatakan bahwa URL yang memuat target keyword yang relevan dengan konten dan niche website memberikan pengalaman navigasi pengguna yang lebih baik.

Menggunakan Tanda Hubung Untuk Memisah Kata

Penting untuk menggunakan tanda hubung sebagai pemisah kata dalam URL kalian. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dan search engine dalam membaca dan memahami URL websitemu

Penggunaan tanda hubung (-) untuk memisah kata lebih direkomendasikan daripada menggunakan garis bawah (_). Sebab, dalam suatu URL tanda hubung dianggap sebagai spasi antar kata, sedangkan kata yang dihubungkan dengan garis bawah dipandang sebagai satu kata. Perhatikan contoh berikut:

//penulisan URL yang SEO friendly

http://www.example.com/red-clothes.html

//penulisan URL yang tidak direkomendasikan

http://www.example.com/red_clothes.html.

Ditulis Dengan Huruf Kecil

Meskipun beberapa server modern tidak membedakan huruf kapital dan huruf kecil yang digunakan pada URL, tapi beberapa server memperlakukan URL ini sebagai hal yang berbeda. Oleh karenanya, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, URL  lebih baik ditulis dengan huruf kecil.

Perhatikan contoh yang terjadi ketika server menganggap huruf kapital dan huruf kecil sebagai URL yang berbeda berikut:

//URL yang bisa diakses dan mengembalikan kode status 200 – OK

  • https://infoseo.web.id/teknik-seo-adalah/

//URL yang tidak dikenali oleh server dan mengembalikan kode status 404 – Not Found

  • https://infoseo.web./id-id/seo-guidelines/Teknik-seo-on-page

Menarik Untuk Dishare

Struktur URL yang buruk memiliki peluang yang lebih kecil untuk diklik dan dibagikan di media sosial. Maka dari itu, Kamu perlu membuat URL yang menarik agar orang-orang tertarik untuk mengklik link websitemu, baik dari hasil pencarian organik maupun dari platform lainnya.

Baca Juga:   Pengertian dan Contoh Meta Tag untuk SEO

Menggunakan URL Statis

Dari sudut pandang SEO, penggunaan URL statis lebih direkomendasikan. Sebab, URL statis lebih mudah dibaca oleh pengguna dan search engine.

Selain itu, URL dinamis biasanya memuat beberapa parameter yang membuatnya menjadi sangat panjang sehingga akan terpotong di hasil pencarian. Akan lebih baik jika Kamu mencoba untuk menghindari penggunaan parameter yang tidak diperlukan dalam URL itu sendiri.

Search engine membutuhkan URL spesifik dari suatu konten agar bisa merayapi dan mengindeks konten tersebut. Dengan kata lain, struktur URL penting untuk SEO karena search engine menggunakannya untuk memahami isi konten dalam website kalian.

Selain itu, URL yang mudah dibaca juga bisa meningkatkan pengalaman pengguna. Sebab, meskipun tag judul tidak ditampilkan, pengguna dapat memahami informasi dalam halaman website melalui URL tersebut.

Tidak hanya itu, penggunaan struktur URL yang SEO friendly juga bisa mendatangkan lebih banyak klik yang ada diwebsite kamu. Bahkan, URL yang ditulis dengan baik bisa menarik perhatian pengguna untuk membagikannya di forum online, blog, hingga media sosial.

Perhatikan Hirarki URL

Struktur URL terdiri dari beberapa komponen yang mengikuti hirarki URL, yang memungkinkan kita untuk mengidentifikasi dan mengakses berbagai sumber atau resource di website. Kita akan mulai dengan melihat elemen-elemen yang membentuk hirarki dalam elemen URL.

Sebuah URL mungkin kelihatannya sederhana diawalnya. Namun, itu sebenarnya berisi beberapa informasi penting.Berikut adalah beberapa tiga komponen hirarki URL yang jadi bagian dari elemen sebuah URL yang bisa kita sesuaikan apa saja, yakni: nama domain, subdirektori dan nama file. Kita akan membahas masing-masing elemen ini secara tersendiri. Berikut ini kita jelaskan satu persatu:

Nama Domain

Nama domain adalah alamat pada www. Itu kemungkinan merupakan bagian sebuah URL yang paling tampak seringkali dikomunikasikan dalam email, pada pamflet, kartu bisnis, dll.

Sebuah nama domain yang bagus mudah diingat. Buat itu sependek mungkin, lebih baik menggunakan satu atau dua kata. Ini tidak sepenuhnya membantu mendapatkan peringkat lebih tinggi, namun berguna bagi pengunjung karena mudah diingat.

Kamu mungkin mempertimbangkan menggunakan kata kunci di dalam nama domain. Ada masa ketika domain dengan kata kunci mudah menaikkan peringkat karena algoritma peringkat belum maju.

Jadi, hati-hati ketika kamu memilih sebuah domain yang benar-benar persis, namun jangan biarkan itu menakutimu dari menggunakan kata kunci dalam nama domain. Selama dirimu tidak berlebihan, seharusnya itu tidak masalah. Penumpukan kata kunci harus selalu dihindari.

Ekstensi Domain

Sebuah domain .com tetap menjadi ekstensi domain yang populer. Ketika kita melihat keragaman dalam ekstensi domain pada halaman hasil pencarian, kita melihat bahwa 87% memiliki ekstensi .com, 6% a .org dan 3% a .net. Ekstensi lainnya seperti .info, .us, .ca kurang populer.

Apakah sebuah ekstensi domain penting untuk SEO? Jawaban singkat tidak. Sebuah ekstensi domain tidak menentukan apakah kita berhadapan dengan sebuah situs berkualitas tinggi. Ada faktor-faktor lainnya yang menentukan kualitas, seperti konten dan tautan.

Di sisi lain, sebuah ekstensi domain yang spesifik pada negara (seperti .us, .de, .it) bisa memiliki beberapa manfaat. Jika Kamu memiliki usaha lokal, katakanlah di jerman, merupakan ide yang bagus untuk membeli domain .de. Domain yang spesifik pada negara tidak memiliki peringkat yang baik di negara lain, namun itu bisa mendapatkan trafik lokal yang lumayan.

Subdirektori

Ketika kita membicarakan tentang subdirektori atau subfolder, kita bisa melihat kedalaman dan lebar dari folder-folder ini.

  • Jumlah Kedalaman Subfolder

Kedalaman adalah jumlah subfolder yang kita temukan dalam sebuah domain. Ini biasanya dicerminkan di dalam breadcrumbs. Breadcrumbs untuk sebuah halaman situs e-commerce mungkin tampak seperti gambar ini:

Home > t shirts > men

Halaman ini dengan tshirt untuk pria memiliki kedalaman 2 level. Di dalam kasus ini, struktur URL yang benar untuk sebuah produk di dalam direktori ini akan tampak seperti ini:

http://www.domain.com/tshirts/men/light-blue.html

Penggunaan kata kunci untuk nama subfolder jauh lebih baik daripada menggunakan nama umum atau angka. Itu tidak hanya bertindak sebagai alat navigasi bagi pengguna, namun itu bisa juga membantu mesin pencarian mengindeks websitemu dengan baik.

  • Lebar Jumlah Halaman

Lebar mengacu pada jumlah halaman pada sebuah kategori. Website dari contoh sebelumnya mungkin menawarkan tshirt untuk wanita dan anak-anak disamping untuk pria. Di dalam kasus ini, lebar kategori tshirt adalah tiga halaman (pria, wanita, dan anak-anak)

Lebar sebuah direktori tidak mempengaruhi peringkat. Kamu bisa memiliki halaman sebanyak mungkin. Selama halaman tersebut unik, ini tidak menimbulkan masalah.

Subdirektori (Subfolder) atau Subdomain

Baik dari Subfolder ataupun Subdomain merupakan sebuah repository/struktur dari konten website, tetapi dari kedua hal tersebut sebenarnya memiliki perbedaan kecil yang dapat mempengaruhi SEO di websitemu dengan cara mengubah peringkat situs dan mengumpulkan kata kunci.

  • Contoh Subdirektori (Subfolder):

URL: www.contohwebsite.com/artikel/panduan-seo

Dalam contoh di atas, “artikel” adalah subdirektori (subfolder) yang berada di bawah direktori utama “www.contohwebsite.com”. Di dalam subdirektori “artikel”, terdapat halaman dengan judul “panduan-seo”. Pengguna dapat mengakses halaman tersebut dengan menggunakan URL yang mengarah ke subdirektori tersebut.

  • Contoh Subdomain:

URL: blog.contohwebsite.com

Dalam contoh di atas, “blog” adalah subdomain yang merupakan bagian dari domain utama “contohwebsite.com”. Subdomain ini dapat digunakan untuk membedakan konten atau bagian tertentu dari situs web utama. Pengguna dapat mengakses bagian blog dari situs web dengan menggunakan URL yang mengarah ke subdomain “blog.contohwebsite.com”.

Perbedaan antara subdirektori dan subdomain terletak pada struktur URL-nya. Subdirektori menggunakan struktur hirarki dalam URL dengan menambahkan nama subdirektori setelah domain utama, sedangkan subdomain menggunakan nama subdomain sebagai bagian dari domain utama yang terpisah dengan titik.

Membuat Redirect URL dengan Benar

Dalam menyangkut redirecr URL Nah, kalau misalnya kita punya dua halaman yang konten dan informasinya mirip, maka kita bisa membuat URL nya redirect 301 atau tag canonical (rel=canonical) pada halaman yang lebih kuat. untuk mengetahui bagaimana tag canonical, silakan baca artikel kami tentag:Pengertian dan Contoh Meta Tag untuk SEO.

Baca Juga:   Panduan Lengkap Belajar SEO untuk Pemula

Kemungkinan kamu akan membuat perubahan pada website   itu berubah dari waktu ke waktu dan kamu sendiri dapat memilih struktur URL serta kemudian memutuskan untuk mengubahnya nanti untuk meningkatkan konversi. Dalam hal ini, praktik terbaik dan disarankan untuk menambahkan pengalihan secara permanen.

Setiap kali kamu mengedit atau mengubah URL, tambahkan pengalihan 301 sehingga jika seseorang mengklik URL lama, mereka akan secara otomatis dibawa ke URL baru dan tidak akan melihat halaman kesalahan 404 yang rusak. Redirect URL perlu dipastikan tidak ada link yang rusak untuk manusia dan bot. Yang berakhir dengan kode 404 Nothing Found misalnya.

Namun, hindari terlalu banyak pengalihan karena dapat memperlambat situs Anda. Satu atau dua pengalihan baik-baik saja tetapi praktik terbaik adalah membuat halaman dapat diakses tanpa loop pengalihan apa pun. Itulah mengapa sangat penting untuk memilih struktur URL itu perlu dperhatikan ketika kamu membangun awal di website mu untuk menghindari redirect itu sendiri!

Tujuan redirect ini supaya kita bisa menghindari duplikat konten sekaligus memberitahu mesin pencari halaman mana yang seharusnya dinilai.

Perhatikan Parameter URL

Parameter URL adalah cara untuk meneruskan informasi tentang klik melalui URL-nya.

URL yang kamu miliki dapat memasukkan paramaternya ke URL lain sehingga URL melacak informasi tentang klik. Parameter URL terdiri dari kunci dan nilai yang dipisahkan menggunakan tanda sama dengan (=) dan digabungkan dengan ampersand (&). Parameter pertama selalu muncul setelah tanda tanya di URL. Misalnya, http://example.com?product=1234&utm_source=google

Bagaimana Cara kerja parameter URL untuk SEO?

Ada dua jenis parameter URL yang dapat Anda gunakan untuk optimasi di webste   kamu yaitu di template pelacakan atau parameter kustom iklan:

Pertama, Parameter modifikasi konten menyampaikan informasi ke halaman landing page dan harus ditetapkan di URL final saja. Misalnya, http://example.com?productid=1234 akan mengarahkan seseorang langsung ke halaman produk 1234 di website   kamu.

Kedua, Parameter pelacakan meneruskan informasi tentang klik untuk akun, kampanye, atau grup iklan Anda di template pelacakan. Ada dua jenis parameter pelacakan:

Parameter kustom mewakili nilai dari pengiklan yang dapat ditetapkan di template pelacakan. Misalnya, Anda dapat menetapkan{_campaign}=branding atau {_campaign}=leads di parameter kustom kampanye dan menetapkan template pelacakan akun ke {lpurl}? source_campaign={_campaign} Pelajari lebih lanjut cara membuat parameter kustom untuk pelacakan lanjutan

Parameter ValueTrack mewakili nilai dalam parameter URL (mis. “{network} ” di parameter URL “network={network} “) Parameter {network} akan mencatat jaringan asal klik (Jaringan Penelusuran atau Jaringan Display) di URL halaman landing iklan Anda.

Perhatikan Panjang URL

URL rata-rata pada halaman peringkat nomor satu hanya sepanjang 59 karakter. URL default mengikuti judul di wordpress misalnya dan Terlalu panjang judul di indikator tertentu menjadi merah (sangat buruk) tetapi faktor apa kurang begitu jelas di beberapa tool tentang ini.

Dalam pandangan beberapa pakar SEO Specialist, misalnya seperti yang dikutip dalam Yoast. Beberapa pernyataan pihak yang ada di bidang SEO seperti Yoast:

Panjang URL Anda sebenarnya bukan merupakan faktor dalam hal ini. Kami merekomendasikan untuk menjaga URL Anda sesingkat mungkin. Bukan karena Google tidak suka URL yang panjang, tetapi URL yang lebih pendek kemungkinan besar lebih fokus.Permalink/ URL sering kaitannya dengan judul artikel (kalau ini jelas semakin panjang akan terpotong di google.

Struktur website    yang baik bisa membuat struktur navigasi terutama navigasi online.Bagus untuk bisa di optimasi dalam struktur URL untuk SEO. Penggunaan struktur URL untuk SEO adalah sebuah teknik SEO yang  sering diabaikan oleh pemilik website  . Namun, itu bisa memberikan peningkatan yang layak untuk dipertimbangkan.

Dalam rangka meningkatkan kinerja SEO website   kmau, penting untuk memperhatikan struktur URL. Struktur URL yang baik dapat memberikan keuntungan dalam indeksasi dan peringkat mesin pencari.

Jika kamu membutuhkan bantuan dalam mengoptimalkan struktur URL atau konsultasi tentang bagaimana Struktur URL untuk SEO, jangan sungkan untuk menghubungi Konsultan SEO yang terpercaya. Dengan konsultasi ke jasa SEO, kamu dapat mendapatkan panduan yang tepat dan strategi yang efektif untuk meningkatkan peringkat websitemu.

Selain itu, jika kamu mencari jasa penulis artikel SEO yang terjangkau, jasa penulis artikel SEO murah dapat menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan konten yang berkualitas dan dioptimalkan secara SEO.

Jasa penulis artikel SEO akan membantu kalian menciptakan konten yang menarik, relevan, dan dioptimalkan dengan kata kunci yang sesuai apa yang kamu inginkan. Apakah itu meningkatkan visibilitas website atau meningkatkan peringkat webstie kalian dalam hasil pencarian. Jangan ragu untuk memanfaatkan layanan profesional ini guna mengoptimalkan website yang kamu miliki secara efektif.

FAQ tentang Struktur URL Untuk SEO

Apa itu struktur URL?

Struktur URL yang paling dasar adalah protokol, nama domain website, dan ekstensinya saja. Sebagai contoh, URL lengkap Hostinger adalah https://www.hostinger.co.id/ . Apabila alamat tersebut diketikkan di kolom alamat browser, pengunjung akan diarahkan ke website kami.

Apa yang dimaksud dengan SEO Friendly?

Artikel SEO friendly adalah artikel di website yang ditulis untuk menjawab pertanyaan pengunjung website saat mencari keyword tertentu. Artikel SEO-Friendly disebut juga artikel yang mengikuti aturan algoritma Google terbaru dan menarik bagi pembaca.

Apa saja contoh URL?

Contoh URL adalah http://www.google.com. Nama domain adalah bentuk URL yang lebih sederhana. Biasanya domain juga merujuk pada nama bisnis atau dagang. Seperti Google, nama domain Google adalah google.com, sedangkan nama URLnya http://www.google.com.

Apakah URL dan domain sama?

Domain adalah nama situs, sementara URL akan mengarahkan pengguna ke salah satu halaman dalam situs tersebut. Setiap URL berisi nama domain, serta komponen lain yang diperlukan untuk menemukan halaman atau konten tertentu.

Apakah URL dan link itu sama?

URL adalah informasi yang dimasukkan dalam sumber konten website. Link adalah cara yang digunakan untuk menjangkau sumber konten tersebut. URL memberi nama untuk web content. Sedangkan link adalah bagian di dalam konten itu.

Apa yang dimaksud dengan redirect 301?

Redirect 301 adalah metode yang digunakan untuk mengarahkan pengguna dan mesin pencari ke URL yang baru. Ini membantu mempertahankan otoritas halaman dan meminimalkan dampak negatif pada SEO.

Artikel Terkait

Back to top button