SEO On Page

Teknik SEO On Page Adalah Optimalkan Konten Anda

Pengertian SEO On Page adalah cara dalam mengoptimalisasi SEO itu sendiri melalui konten yang akan disampaikan. Dalam On Page SEO kita harus berfokus kepada faktor yang terdapat dalam konten, seperti: Penelitian Kata Kunci buat Meta Tag, Optimisasi Konten, Struktur URL dan lainnya.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut maka akan mempermudah search engine memahami konteks dari konten tersebut dan memahami adanya relevansi antara website dan keywords yang dicari oleh pengguna.

Pemakaian strategi SEO On Page ini dapat meningkatkan kualitas dari website Anda. Semakin konten Anda sering dicari dan mudah untuk dipahami, maka hal tersebut akan meningkatkan kualitas website tersebut. Perlu diperhatikan bahwa konten-konten yang disajikan adalah konten yang bermanfaat dan relevan. Anda tidak melulu hanya menyajikan konten yang relevan dengan bisnis Anda, tetapi menceritakan konten lain akan membuat pengguna tidak bosan masuk dalam website Anda.

Dengan kata lain, Teknik SEO On Page adalah cara membuat konten agar terlihat SEO-friendly. Dalam artian lain, Anda harus memahami SEO On Page supaya mampu mengalahkan kompetitor Anda. ada beberapa bagian penting dari teknik SEO On Page adalah:

  • Meta Description
  • URL Title
  • Alternative text untuk gambar
  • Tag Title
  • Internal Link
  • Site Speed

Bagian diatas alangkah baiknya sebelum Anda menerbitkan konten Anda, hendaknya dimaksimalkan dengan baik. Sebagai contoh, di dalam meta description yang Anda tulis harus sesuai dengan kaidah SEO yang berlaku. Misal, harus ada keyword di dalamnya dan tidak terlalu panjang. Hal itu diperlukan penelitian kata kunci terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan pengguna mudah mencari website atau blog Anda di mesin pencari.

Tidak hanya itu, aspek lainnya seperti URL title, tag title, dan lain-lain juga harus dimaksimalkan dengan baik. Jangan lupa, untuk meletakkan internal link di setiap konten yang kamu buat di website. Internal link adalah link atau tautan yang ditanamkan di dalam satu konten dan akan mengarah ke konten lainnya di satu website. Lakukan hal tersebut secara konsisten, perlahan website Anda akan meningkat di peringkat mesin pencari.

Teknik dalam SEO On Page

Mengenal teknik dalam seo On Page yaitu suatu keharusan. Karena mesin pencari merupakan sumber penting untuk membawa pengunjung ke website atau blog Anda. Untuk website atu blog Anda ada pada mesin pencari tidak begitu sulit, tetapi untuk mendapatkan peringkat teratas dan mempunyai trafik rangking yang diigninkan, itu memerlukan beberapa hal yang harus dilakukan.

Baca Juga:   Cara Riset Keyword untuk Blog Baru

Ini lah salah satu alasan mengapa teknik SEO dalam hal ini teknik SEO On Page sangat penting utuk diterapkan pada website atau blog Anda, karena sekitar 80% dari pengguna hanya akan membuka hasil pencarian pada halaman pertama dan kedua yang ada di mesin pencari. Berikut ini teknik SEO On Page, yaitu sebagai berikut:

Penelitian Kata Kunci

Dalam melakukan penelitian kata kunci, hendaknya memiliki kata kunci target, Anda perlu menempatkannya secara strategis pada konten Anda. Mesin pencari seperti Google misalnya, akan melakukan pemindaian konten untuk melihat isi halaman, pun begitu dengan pembaca.

Jadi, setidaknya Anda  memiliki kata kunci yang terdiri dari Kata kunci target, Kata kunci long-tail, Kata kunci LSI, Kepadatan kata kunci dan Optimisasi kata kunci. Untuk Lebih jelasnya silakan baca artikel kami tentang Strategi Penelitian Kata Kunci SEO.

Meta Tag

Meta Tag merupakan deskripsi singkat yang dapat seseorang lihat pada hasil pencarian saat sedang berselancar di mesin pencarian. Jadi, meta tag bisa disebut sebagai deskripsi dari apa isi konten tersebut. Tag ini juga yang menjelaskan pada mesin pencarian, seperti Google, mengenai isi dari konten yang dibuat.

Meskipun bukan menjadi satu-satunya faktor penentu peringkat pada mesin pencarian, namun menggunakan meta tag yang tepat menjadi langkah terbaik agar konten bisa bersahabat dengan mesin pencari. Inilah mengapa meta tag disebut menjadi salah satu teknik SEO On Page untuk mengoptimasi agar konten website atau blog Anda muncul di halaman pertama mesin pencari.

Pada dasarnya, meta tag atau tag <meta> tidak berada di dalam konten, namun pada bagian head dalam halaman source code yang dituliskan dalam bentuk HTML yang terletak pada header website. Metadata ini tidak akan ditampilkan pada halaman, namun diolah oleh mesin pencarian melalui browser, seperti bagaimana menampilkan konten atau memuat ulang halaman, mesin pencari, dan layanan web lainnya.

Baca Juga:   Strategi Penelitian Kata Kunci SEO

Tetapi, pengguna bisa menggunakan plugin SEO pada WordPress bila tidak memiliki pengetahuan HTML agar mengatur meta tag menjadi lebih mudah. Lantas bagaimana cara mengoptimasinya? Silakan Baca artikel kami tentang:  .

Optimisasi Konten

Optimisasi konten dalam SEO adalah mengoptimalkan kembali konten baik yang lama maupun yang baru dalam website atau blog Anda. Hal ini bertujuan meningkatkan trafik website atau blog Anda tanpa harus membayar untuk biaya iklan. Yang terdiri dari Konten berkualitas, Penempatan kata kunci, Panjang konten, Internal linking, Optimisasi gambar.

Namun penulisan konten tersebut haruslah berkualitas, memberikan informasi dan menjadi jawaban atas pertanyaan pengunjung website. Konten yang otentik serta bernilai sangat berpengaruh terhadap visibilitas mesin pencarian Google. Untuk selengkapnya silakan baca artikel kami tentang: Cara Mengoptimisasi Konten SEO Anda

Struktur URL

Dalam menggunakan struktur URL gunakan kata-kata yang relevan dengan konten Anda sehingga pengguna dapat mengetahui isi halaman Anda. Hindari penggunaan angka acak, tanggal, atau kalimat lengkap. Struktur URL terdiri dari URL yang ramah SEO, Hirarki URL, Redirect URL, Parameter URL, dan Panjang URL.

Dalam hal ini blog seperti WordPress sudah bisa digunakan secara default, jadi penting untuk mengkonfigurasi URL Anda sebelum memublikasikannya.

Contoh SEO On Page

Sederhananya, contoh SEO on-page adalah mengarahkan trafik organik dari website atau blog itu sendiri. Anda bisa melakukannya dengan membuat atau membuat konten sesuai dengan aturan Google. Dengan kata lain, pembuatan konten harus terkait dengan kata kunci sehingga mesin pencari mempertimbangkannya dan muncul dalam pencarian.

Namun, ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan yaitu, Kata kunci target, Meta Tag, Konten berkualitas dan URL yang ramah SEO serta banyak elemen lainnya. Tanpa mempertimbangkan aspek aspek tersebut, membuat konten yang disukai oleh mesin pencari menjadi sulit.

Jika salah dalam penerapannya, Mesin pencari sudah pasti menolak untuk menampilkan konten Anda, sehingga upaya tersebut sia sia. Jadi, contoh dari SEO On Page yaitu usaha untuk meningkatkan trafik alami melalui halaman webste itu sendiri.

Jika Anda masih bingung kok banyaknya teknik SEO terutama On Page? Dapatkan bantuan dari Konsultan SEO terpercaya kami untuk mengoptimalkan konten Anda. Serta, dapatkan jasa penulisan artikel SEO berkualitas yang akan membantu meningkatkan konten artikel Anda menjadi berkualitas.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button